Dapatkan informasi menarik seputar dunia internet marketing, catatan pribadi, dunia teknologi dan infromasi menarik lainnya secara gratis.
Jasa Pembuatan Website

Mengenal Apa itu Domain dan Hosting

· · 2 comments

IdBlogDesign - Website ataupun blog merupakan suatu laman yang dibuat untuk menyampaikan berbagai informasi kepada para pengguna. Informasi yang ada dalam sebuah website ataupun blog dapat menyangkup beberapa konten, seperti halnya berupa pesan, cerita, video, kalimat ajakan, berita ataupun yang lainnya. Untuk membuat website atau blog tentu saja tidak lepas dari yang disebut domain dan hosting bukan?

Mengenal Apa itu Domain dan Hosting

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu domain dan hosting tentu saja akan sedikit bingung jika akan membuat sebuah website ataupun blog. Untuk itu dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign akan berbagi dengan Anda tentang apa yang dimaksud dengan domain dan hosting.

Domain
Domain merupakan sebuah nama unik yang dapat digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan internet. Sebelum adanya istilah domain, untuk mengakses informasi dari server komputer kita perlu adanya sebuah IP Address yang berupa sederetan angka. Sebagai contoh: idblogdesign.com dengan alamat IP Address: 74.125.128.121

Beberapa istilah yang ada pada domain:

  1. Top Level Domain atau TLD, yaitu merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain yang dibagi menjadi 2 kelompok utama yaitu country code top-level domains (ccTLD) dan generic top-level domains (gTLD).
  2. Second Level Domain atau SLD, yaitu merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD.
  3. Lower Level Domain, yaitu merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD.
Sebagai contoh: www.premium.idblogdesign.com

Penjelasan:
Warna merah merupakan Top Level Domain atau TLD
Warna hijau merupakan Second Level Domain atau SLD
Warna kuning merupakan Lower Level Domain

Hosting
Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan beberapa file yang ada hubungannya dengan website, antara lain seperti HTML, PHP, musik, video, gambar ataupun yang lainnya. Beberapa jenis hosting antara lain adalah Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server dan Colocation Server. Untuk dapat menghubungkan antara domain dan hosting kita harus mengsinkronkan nameserver yang ada pada hosting ke domain manager. Sebagai contoh nameserver antara lain ns1.example.com, ns2.example.com, ns3.example.com, dan ns4.example.com

2 comments:

  1. apakah ketika ada sebuah domain seperti www.contoh.com kata ketiga dari kanan yaitu www di sebut sebagai Lower Level Domain,..? atau tidak,...?

    ReplyDelete