Dapatkan informasi menarik seputar dunia internet marketing, catatan pribadi, dunia teknologi dan infromasi menarik lainnya secara gratis.
Jasa Pembuatan Website

Mengenal Beberapa Jenis Hosting

· · 0 comments

IdBlogDesign - Hosting merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam membangun sebuah website ataupun blog. Dengan tepatnya memilih hosting tentu saja dapat membuat website ataupun blog kita berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Jenis hosting juga cukup berpengaruh dalam hal optimasi mesin pencari, karena dengan performa server hosting yang tetap tejaga dapat membuat sebuah website atau blog mudah diakses sehingga dapat meningkatkan kualitas situs pada mesin pencari.

Mengenal Beberapa Jenis Hosting

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang apa itu Domain dan Hosting. Untuk itu dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign ingin berbagi dengan Anda tentang mengenal beberapa jenis hosting yang mungkin dapat Anda jadikan referensi sebelum Anda membeli hosting untuk blog atau website Anda.

Beberapa jenis hosting berdasarkan skalanya, antara lain:

  1. Shared Hosting, yaitu dimana satu server hosting digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna. Didalam server Shared Hosting tersebut terdapat beberapa account untuk masing-masing pengguna yang dibedakan dengan username dan password. Shared Hosting merupakan salah satu jenis hosting yang sering digunakan oleh perusahaan menengah atau perorangan untuk website yang masih memiliki trafik dalam kategori sedang.
  2. Virtual Private Server atau VPS , yaitu dimana satu server hosting digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna, akan tetapi setiap pengguna memiliki lingkungan sistem operasi virtual sendiri-sendiri. Karena alokasi sumber daya Server seperti CPU dan RAM sudah dialokasikan per pengguna, maka biasanya jumlah pengguna dalam VPS lebih dibatasi. Kelebihan dari hosting VPS adalah tertutupnya kemungkinan untuk penggunaan sumber daya berlebih oleh satu pengguna yang dapat mengacaukan pengguna lainnya. Sedangkan untuk kekurangannya adalah dimana seorang pengguna hanya bisa menggunakan sumber daya server sesuai yang telah dialokasikan, meskipun sumber daya tersebut tidak sedang digunakan oleh pengguna lainnya.
  3. Dedicated Server, yaitu dimana satu server hosting hanya digunakan oleh satu pengguna. Dedicated Server biasanya digunakan untuk website yang membutuhkan sumber daya yang besar atau dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar. Untuk penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang bersangkutan.
  4. Colocation Server, yaitu dimana server yang digunakan untuk blog atau website disediakan sendiri oleh pengguna/pelanggan, sehingga untuk spesifikasi server pengguna dapat menentukan pilihan sendiri. Perusahaan hosting yang bersangkutan hanya memberikan layanan berupa penyewaan koneksi internet dan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting.

0 comments:

Post a Comment