Dapatkan informasi menarik seputar dunia internet marketing, catatan pribadi, dunia teknologi dan infromasi menarik lainnya secara gratis.

12/03/13

Tips Merawat Printer Anda

IdBlogDesign - Bagi Anda pengguna printer inkjet tentunya sangat ingin jika printer kesayangan Anda dapat tahan lama dan tetap berfungsi sebagai mana mestinya bukan? Meskipun printer inkjet sangat rentan terhadap kerusakan, terutama pada bagian cartridge. Akan tetapi jika Anda dapat merawat printer Anda dengan baik, tentu saja printer tersebut akan lebih tepat guna untuk Anda.

Dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign ingin berbagi dengan Anda, tentang beberapa tips dalam merawat printer Anda. Meskipun beberapa tips tersebut tidak menjamin secara 100% dapat membuat printer Anda menjadi lebih tahan lama, akan tetapi setidaknya tips-tips perawatan printer dibawah ini dapat sedikit membantu Anda dalam merawat printer Anda.

Merawat Printer

Berikut tips merawat printer Anda:

  1. Ada baiknya Anda menggunakan printer Anda sesering mungkin, meskipun hanya untuk mencetak satu dua lembar saja. Dan jangan sampai printer innkjet Anda tidak Anda gunakan sampai 1 minggu lebih. Hal tersebut bertujuan agar tidak menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga menyumbat tinta.
  2. Biasakan menggunakan fitur clean head pada software bawaan printer Anda secara berkala untuk tetap menjaga keluaran tinta dari head cartridge Anda dengan lancar.
  3. Jaga kebersihan printer Anda dari benda-benda asing, termasuk debu dengan cara membersihkannya secara berkala.
  4. Jangan mematikan printer Anda dengan cara mancabut langsung kabel power listrik printer dari stop kontak. Biasakan mematikan printer menggunakan tombol power untuk mengembalikan posisi cartridge ke tempat seharusnya, sehingga head printer tidak mudah kering.
  5. Hindari penggunaan kertas yang terlipat atau kusut. Kertas yang terlalu tebal pun sangat tidak disarankan untuk digunakan.
  6. Jangan menyentuh chip cartridge menggunakan tangan karena listrik statis dapat berpindah dari tangan Anda secara langsung ke chip cartridge yang selanjutnya akan mengganggu komponen tersebut.
  7. Gunakanlah tinta refill yang direkomendasikan agar keawetan cartridge terjaga. Tinta refill yang berkualitas buruk kadang terlalu encer dan kualitas cetakannya tidak memuaskan.
  8. Tinta di dalam cartridge printer yang kosong akan menyebabkan head printer kering sehingga lubang-lubang kapilernya tersumbat, jadi jangan menunggu sampai tinta habis, Segera isi tinta kembali saat sudah ada indikasi tinta low ink.
  9. Gantilah wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meluber ke dalam printer.
  10. Jangan sembarangan membongkar casing printer.
  11. Jauhkan printer dari benda-benda cair.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)